Cara mudah menghafal Al-Qur’an

Apakah Al Quran itu?, Al-Quran adalah sebuah kitab diantara empat kitab yang telah diturun kan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril. Al Qur’an ini merupakan salah satu mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW yang harus disampaikan kepada umat nya. Ayat yang pertama kali diturun kan adalah surat Al Alaq ayat 1-5. Sebagai umat nabi Muhammad tentu saja kita diwajibkan untuk menghafal kitab Al Quran ini. Kebanyakan dari kita merasa kesulitan untuk menghafal ayat ayat yang ada didalam nya (Al Qur’an). Ada beberapa cara yang mudah untuk kita coba. Berikut cara cara nya


1. Mendengarkan murotal Al Qur’an

Dengan mendengarkan murotal Al Quran kita dapat saja tiba tiba hafal ayat tersebut . Karena otak kita lebih mudah mengingat apa yang sering kita dengan kan. 

2. Menghafal pada waktu shubuh

Apabila kita menghafal pada waktu shubuh kita akan lebih mudah untuk mengingat ayat yang sedang kita hafal tersebut, karena otak masih dalam keadaan fresh (otak kita masih belum memikirkan masalah masalah dalam kehidupan kita). 

3. Menggunakan satu jenis mushaf (Al Qur’an) 

Dalam proses menggafal Al Qur’an kita dianjurkan untuk tidak mengganti ganti Al Qur’an yang kita gunakan. Karena dalam proses murajaah nanti kita akan kesulitan, karena kita sudah terbiasa dengan Al Qur’an yang kita gunakan saat menghafal. 

4. Senantiasa mendekat kan diri kepada Allah SWT

Allah maha kuasa atas segala urusan, jadi apabila kita dekat dengan Allah maka ia akan mempermudah segala urusan kita apalagi urusan yang diniatkan karena dirinya. Kita dapat mendekatkan diri kepada-NYA dengan cara banyak beribadah kepadanya dan menghindari maksiat.

5. Tidak terburu buru dalam menghafal Al Qur’an

Dalam menghafal Al Qur’an kita dianjurkan untuk tidak terburu buru (bersabar) karena Allah bersabda dalam surah Al Baqarah ayat 153 yang berbunyi : 

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."
6. Memiliki target hafalan

Dengan memiliki target hafalan kita akan memiliki semangat untuk mencapai target tersebut 

Itulah beberapa cara yang mudah untuk kita praktik kan. Tentu jika kita ingin menghafal Al Qur’an kita harus memiliki tekad, bersungguh-sungguh dan memohon kepada Allah

Komentar